Wednesday, July 2, 2014

Masakan tradisional Bali yang paling terkenal

Masakan tradisional Bali yang paling terkenalSetiap daerah memiliki kekhasan masakan, begitupun dengan Bali. Selain objek wisatanya, kuliner masakan tradisional Bali juga menggugah selera, lezat dan beragam macamnya. Yang membuat wisatawan selalu ketagihan.

Masakan tradisional Bali yang paling terkenal

1. Nasi Jinggo
Keunikan nasi jingo pada porsinya yakni kecil hampir sama sego kucing yang ada di angkringan Jogja. Perbedaannya di lauknya  umumnya adalah mie goreng, sambal, serundeng, dan ayam yang disuwir-suwir pedas. Namun nasi jenggo dapat ditambahkan dengan telur, tempe, dan tahu. Nasi jenggo umumnya dibungkus dengan daun pisang. Harganya murah umumnya Rp. 1000,00 - Rp. 5000,00 per bungkus.
Nasi jinggo
2. Ayam Betutu Bali
Ayam Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu merupakan masakan tradisional yang paling terkenal di Bali. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu mancanegara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel restoran.
Ayam betutu
  3. Jaja Bali
Jaja Bali adalah kue-kue basah khas ala Bali. Rasa kue ini cenderung manis, selain suka pedas lidah orang Bali suka manis. Dari deretan kue-kue basah yang cukup terkenal di Bali, misalnya laklak, kelepon, dan bulung biasanya selalu menawarkan rasa manis. Orang Bali biasa membuat pemanisnya dari gula kelapa atau mereka menyebutnya dengan gula Bali. Anda bisa mendapatkan kue-kue ini di semua pasar tradisional. Harganya juga hanya sekitar Rp500,00 per kue. Murah bukan?

Jaja bali
4. Srombotan
Sayuran khas Klungkung Bali ini, terbuat dari sayur buah botor muda atau paku, toge, kobis yang dimasak setengah matang. kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. 

Srombotan
Kalas inilah yang menjadi ciri khas serombotan yang kalau dihidangkan harus menggunakan kacang goreng dan nasinya bercampur ubi jalar atau nasi oran sele orang Bali menyebutnya. Harga seporsi srombotan hanya Rp 1.500,00 , sajian ini sungguh bermutu dan bercitarasa tinggi.

Itulah beberapa Masakan tradisional Bali yang paling terkenal, tak lengkap rasanya jika liburan ke Bali namun tidak mencicipi kuliner khasnya. Selamat berlibur.

0 comments em “Masakan tradisional Bali yang paling terkenal”

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.