Sunday, September 7, 2014

4 Pura yang Harus Anda Kunjungi di Pulau Lombok

4 Pura yang Harus Anda Kunjungi  di Pulau Lombok Agama Hindu merupakan agama kedua terbesar di Pulau Lombok setelah agama Islam. Maka tak heran keberadaan Pura sebagai tempat ibadah juga menjadi destinasi wisata bagi wisawatan. Berikut rekomendasi 4 pura yang harus anda kunjungi di Pulau Lombok:

Referensi objek wisata Pura Lombok

1.      Pura Meru
Pura Meru merupakan pura terbesar di Pulau Lombok.  Pura ini memiliki ciri yang cukup menonjol, yakni dari jalan utama Anda akan melihat tiga meru yang bertingkat, yang menjulang dengan atap hitam berbahan ijuk.
Pura ini menjadi simbol alam semesta dan penghormatan terhadap tiga dewa utama agama Hindu yakni Brahma, Syiwa dan Wishnu.  Uniknya keberadaan Pura Meru ini berdekatan dengan masjid dan gereja. Ketiga tempat ibadah ini mengingatkan kepada kita semua akan pentingnya sebuah toleransi beragama.

2.      Pura Lingsar
Pura yang terletak di Desa Lingsar, Kecamatan Narmada, Lombok Barat ini terkenal dengan nilai-nilai toleransi umat beragama. Konon, pura ini dibangun sebagai lambang persatuan. Terbukti di komplek pura tak ada bangunan lebih tinggi atau lebih rendah.
Setahun sekali ada upacara yang melibatkan umat Hindu dan Islam di pura ini. Upacara  tersebut bernama Perang Topat. Dalam berperang menggunakan topat atau ketupat yang dilemparkan kepada sesama temannya. Sebagai tanda bersyukur atas rejeki yang selalu dilimpahkan oleh Tuhan.

3.      Pura  Suranadi
Berjarak 30 km dari kota Mataram, Lombok Barat. Ketenangan kesejukannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi pura ini.
Ritual khusus yang biasanya dilakukan oleh pengunjung, yakni Ritual Melukat.  Ritual membasuh wajah sebagai tanda mensucikan diri dari dosa dan menghindari segala malapetaka. Air yang digunakan untuk ritual pembersihan diri ini adalah sumber mata air khusus yang mengalir di Pura.

4.      Pura Batu Bolong

Jenis Pura ini memang cukup unik karena berupa pura yang menjorok ke laut dengan batu yang berlubang. Jika bisa disamakan dengan Bali, Pura Batu Bolong bisa diibaratkan Tanah Lot yang ada di Bali. Pura ini berada di Jl Raya Senggigi Km 4, Senggigi, Lombok. Selain itu, anda pun juga dapat menyaksikan matahari terbenam dari tempat ini dibalik Gunung Agung Bali.

Itulah 4 pura yang harus wajib dikunjungi saat anda berkunjung ke Pulau Lombok. Cari tempat penginapan yang murah di Bali?. Mungkin beberapa tempat penginapan ini bisa anda jadikan referensi Tempat penginapan murah di Bali.

0 comments em “4 Pura yang Harus Anda Kunjungi di Pulau Lombok”

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.